search in the blog

Translate

Rabu, 02 September 2020

Pandemi COVID19, KKN Daring?

 Hello, I'm Balinda writing on this pandemic era.

Sebagai mahasiswa yang telah melalui 6 semester sudah waktunya untuk melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Sempat ada "dilema" dan ada beberapa perbedaan pendapat antara universitas untuk melaksanakan atau tidak melaksanakan KKN ini. Yah, selalu ada pro dan kontra.

Akhirnya keputusan dilaksanakan KKN dengan beberapa penyesuaian penyesuaian tertentu. KKN Tematik namanya. KKN dilaksanakan di daerah domisili masing masing, dan bahkan KKN ini dapat dilakukan secara individual. Unik bukan?

DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) memantau kegiatan kegiatan yang dilakukan mahasiswa secara daring alias melalui grup WA dan Zoom. Laporan dan logbook yang diisi pun dikirimkan dalam bentuk softcopy.

Karena aku sendiri menuntut ilmu di fakultas kedokteran gigi, maka tema KKN Tematik kami adalah "EDUKASI MASYARAKAT DALAM MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT MENUJU KENORMALAN BARU PADA ERA PANDEMI COVID-19"

Tematik banget kan. KKN kami dilaksanakan selama 30 hari yaitu dari tanggal 1-30 Juli 2020

(dari kiri ke kanan :Dipa, Dinda, Aaron, pihak lurah, Balinda, dan Abil)

Kebetulan kami 1 domisili, kami KKN ber5 dan sejurusan FKG semua. hihihi. 
Oiya KKN ngapain aja? KKN tematik kami memiliki kegiatan utama edukasi. Tolak ukur nya dengan kuesioner yang akan di berikan sebelum dan setelah edukasi. Kegiatan edukasi tersebut bisa berupa pembuatan berbagai pamflet, poster, bahkan video edukasi. Setelah itu pamflet dan poster di sebarkan secara online dan offline. Jadi dengan adanya KKN membuat kami juga dapat mengasah skill desain dengan berbagai aplikasi. Untuk poster dan pamflet misalnya, kami menggunakan Canva, Pictsart, Corel Draw bahkan Adobe Photoshop. Sedangkan untuk pembuatan video, dapat menggunakan Powerpoint, Inshot, Kinemaster bahkan Adobe Premiere Pro.
Kita juga dapat berkreasi sekreatif mungkin. 

Selain itu, ada juga yang melakukan edukasi secara offline. Selain edukasi, ada beberapa kegiatan lain seperti pembuatan dan pembagian handsanitizer/faceshield/masker/desinfektan. Ada pembagian sikat gigi dan pasta gigi juga.  Untuk kegiatan pendukung lainnya juga macam macam. Ada yang ikut membantu proker lurah, ikut senam dengan physical distancing, menanam TOGA, gotong royong, melakukan desinfektan,dsb. 

Yah, walaupun jika dibandingkan tetap berbeda dengan kegiatan KKN seperti biasanya, setidaknya kami tetap melaksanakan salahsatu tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian. Walaupun ada badai, kapal tetap bertahan mengarungi lautan bukan. 
Akhir kata, semoga pandemi ini segera selesai dan berbagai kegiatan dapat kembali berjalan normal^^
(Dari aku, yang masih "dirumah aja" dibulan September 2020 ini)

Tidak ada komentar: