search in the blog

Translate

Senin, 21 September 2020

Ketertarikan dengan Piano/Keyboard/Orgen (2), Belajar Otodidak?

Hai readers, 

Kebetulan aku mau ngelanjutin artikel sebelumnya.

Sebelumnya mau flashback lagi, sebetulnya aku duluan punya barangnya dulu di banding kemampuannya. 

Di beliin, dan tidak ada yang bisa bermain piano di rumah, jadinya daripada nganggur barangnya akupun ‘mencoba’ memainkannya. 

Awalnya kebanyakan orang belajar piano sejak dini, namun tidak menutup kemungkinan ‘kita’ gak bisa belajar. Yah dengan berbagai kesibukan, bermain piano dapat menjadi sebuah ‘hobi dan hiburan’. Hobi tidak selalu harus jago dibidang itu, bukan?

Bermain piano/keyboard/organ. Melihat deretan tuts hitam dan putih, dengan beberapa kombinasi sentuhannya dapat menghasilkan harmoni yang indah. 

Awalnya bingung, bagaimana cara nya orang-orang bermain dengan 2 tangan? It’s okey. Langkah awalnya bermainlah dengan perasaanmu, dengan hatimu. Mainkanlah suatu lagu favoritmu dengan satu tangan, lalu kugunakan tangan kananku. Anggap saja seperti menekan tuts-tuts yang ada di pianika ^^ Melatih feeling dulu. 

Kemudian aku merasa kurang puas, kemudian membaca berbagai tutorialnya di internet. Ada yang menampilkan sheet-sheet musik. Wah, aku bahkan buta not balok. Sampai sekarang sih. Hehehe. Mungkin lain kali akan ku pelajari (?)

Lalu ku coba beralih ke Youtube. Dan ku temukan berbagai tutorial disana. Video pertama yang ku coba mainkan ada video tutorial synthesia piano. Lalu segera dicoba dan diputar berulang-ulang, SAMPAI HAFAL. memang seniat itu. Yah walaupun untuk fingeringnya masih acak-acakan tapi sudah ‘dapat memainkan’ suatu potongan lagu itu sudah kemajuan yang membanggakan. Untuk synthesia, selain lagu pop juga banyak lagu lagu klasik. Aku sendiri mempelajari beberapa “potongan musik” klasik tsb seperti canon, fur elise, river flows in you, dan kiss the rain. Aku mempelajarinya karena suka dengan musik di part tsb.

Tapi memang mempelajari melalui synthesia lebih memerlukan waktu. Hingga kemudian...mulai bosan.

Sempat bosan, berasa banyak sekali lagu lagu baru yang bisa ingin di mainkan. Terutama lagu lagu pop karena kadang lagi suka aja dengan lagu itu.  Mulai melihat-lihat video lagi, dan i found something!

Pake chord aja! Yah bukan piano dong namanya, jadi nya kek keyboard jatuhnya. Tapi yaudah si sesuka nya aja. Awalnya aku gak tau ternyata chord bisa dimainkan di piano hihi kirain cuma bisa di gitar aja!

chord pada piano, contohnya chord C : C-E-G


Chord berfungsi sebagai bass dan dimainkan dengan tangan kiri. Sedangkan tangan kanan memainkan nada nya, sesuai feeling hehe. atau bisa juga tangan kanannya memakai chord sehingga yang dihasilkan berupa kombinasi ketukan ketukan chord. 

Sesuaikan chord nya dengan 'ketukan' pada musik. oh iya sangat banyak variasi dalam penggunaan chord ini. Tapi seperti nya sulit untuk dijelaskan hehe, apalagi aku juga belum pro sih. Misalnya nih: chord C bisa langsung tekan tuts : CEG secara bersamaan,  C-E,G  ,  CG-E dsb.

Gatau sih secara teori textbooknya gimana hihihi. Tapi that's all what i do.

Kalau susah, readers bisa kasih tempelan tulisan di setiap tuts nya seperti yang kulakukan!

C-D-E-F-G-A-B-C alias Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si-Do

Jadi kalo lagi suka lagu itu, ya googling chord+judul lagu itu. Rata rata sih bisa diaplikasikan ke semua lagu kecuali musik klasik sih. Salahsatu musik klasik yang bisa menggunakan chord adalah "Canon".  Musik favorit ^^ 

Lumayan bisa "sok-sok an" main piano hahaha. Sebenarnya kalo ada yang nanya "bisa main piano?" aku bakal jawab "gak bisa" karena ya emang merasa mainin ini sesukanya saja dan kalo misalnya orang yang request ga bakal langsung bisa gitu aja. 

Tapi aku juga "kepedean sih" kadang ngupload video lagi mainin suatu lagu/musik, tapi bodo amat 😛 gas aja 


Sebenarnya banyak lagi sih hal lain tentang piano, seperti injakan dibawah piano yang membedakannya dengan keyboard/orgen, tapi mungkin lain waktu! See u dan Thank You ^^

Tidak ada komentar: